My Acne Journey Story and How I Get Clear Up

Halo semua!
Hari ini aku bakal cerita panjaaaaaang banget tentang cerita suka duka kulitku. Aku cerita bukan cuma buat curhat aja, tapi aku mau sharing sama kalian kalau kalian ga sendiri, kita semua punya masalah yang ga jauh-jauh dari yang namanya jerawat, apa lagi tiap bulan mereka suka dateng tiba-tiba terus menerus. (ladies....)

Anyway. Aku bakal share cerita aku perbulan ya, apa aja penyebabnya, aku ngapain aja, aku pake apa, semuanyaaaa.

Agustus 2015

So, ini foto aku tahun 2015 bulan Agustus. Belum kenal berbagai macam makeup, cuma kenal pensil alis, lipstick, sama mascara. Bedak pun pake baby powder. Kalo ada jerawat pun ga dikasih obat, cuma diolesin petrolium jelly aja terus 2-3 hari jerawatnya kempes.
Jadi, foto diatas itu aku lagi libur semesteran, mau naik ke tingkat 3. Suatu saat aku masuk semester 5, balik ke kosan, dan bulan September dan aku mulai centil belanja makeup, coba beli makeup, tiap bulan ada paket bisa sampe 2/3. Aku beli bedak, blush, eyeshadow, dan lainnya.

Oktober 2015

November 2015


ANNNNDDDDD SUDDENLY........
26 December 2015

Disini aku masih pake makeup rutin aku dulu (bedak baby, alis, lipstick). Jerawat mulai tumbuh sedikit-sedikit. 

Makeup and Skincare Collection


Januari 2016
18 Januari 2016

Disini, aku kalo ga salah udah mulai coba-coba pake bedak untuk orang dewasa merk drugstore luar negeri. Aku juga mulai coba-coba pake coconut oil, tea tree oil, castor oil.


Dan Februari aku liburan kuliah, aku males bawa barang banyak kerumah jadi aku berenti pake coconut oil dan oil-oil lainnya.

15 Februari 2016

Difoto ini, aku abis facial seminggu yang lalunya jadi mukanya mendingan lah ya. Aku facial biasa yang dikeluarin komedonya terus dimasker.


Maret 2016
6 Maret 2016

Disini, aku pakein masker Glamglow di spot-spot aku yang bermasalah, dan kesalahan aku adalah, terlalu sering pake ini sebagai spot treatment.

7 Maret 2016

Daaan bisa dilihat, efek masker adalah mengeluarkan/detox racun yang ada dibalik kulit. Dan difoto diatas, seakan-akan muka aku isinya racun semua :( walaupun keliatannya bahagia.
Aku inget banget waktu bulan Maret itu, aku bandel banget, tiap malem aku exfoliate muka aku pake baking soda. TIAP MALAM. not good.


April 2016
Karena orang tua mulai ngomel dan aku ini mahasiswa komunikasi yang seringnya bertugas didepan camera dan orang, jadi aku ke dokter kulit, dan dokter nyaranin untuk pake sabun yang gentle (dove), dan aku dikasih obat minum dan obat oles.



11 April 2016

Disini, aku mulai jerawat yang bernanah-nanah. Yang sakitnya kalo kesenggol tuh...... ngilu.

14 April 2016

23 April 2016
Jerawatnya mulai hilang.

Mei 2016

8 Mei 2016
Dan, karena aku bandel mencet-mencetin jerawat. Efeknya kaya diatas ini. Karena itu, aku research di youtube, gimana sih ngilangin jerawat. Dan aku belajar tentang blue dan red light theraphy. Dan akhirnya, aku memutuskan untuk facial. Aku facial dideket kampus aku (Jakarta barat). Aku kesana karena temen aku juga disitu dan mukanya mendingan. Dan aku tanya gimana sih facialnya. Terus kata temenku, nanti disinar biru selama 20 menit sebelum facial, dan habis facial, bukan dimaskerin, tapi dikasih serum.
Karena aku belajar dari youtube blue light theraphy bisa ngebunuh bakteri penyebab jerawat, aku langsung tertarik dan aku bener-bener langsung pergi setelah sharing sama temenku.


11 Mei 2016
Setelah facial.

2 jam setelah facial.


Keesokan harinya.

19 Mei 2016
Aku mulai jarang ga pake makeup ke kampus, aku pake concealer terus, tapi jerawat yang timbul mulai ilang, ilang banget malah, tinggal bekas-bekasnya aja.

Juni 2016
20 Juni 2016
Muka aku masih sama kaya bulan lalu, ya masih ilang timbul jerawatnya. Btw, ini aku 10 hari habis facial yang kedua kalinya.

Juli 2016
(maaf kalo fotonya gini, tapi emang kebanyakan kaya gini karena ini foto buat jailin temen gitu ehe)

Agustus 2016
Dan bulan Agustus. Aku kena DBD...
Dari sini aku belajar banget, ga perlu ribet-ribet sana sini.
Jadi, aku sakit DBD, dan aku ga bakal sempet dong ya pake skincare macem-macem. Jadi, aku cuma cuci muka aja. Dan aku balik ke sabun muka yang aku pake pas SMA (Sariayu) sama ga keluar2 ruangan. Aku dirawat 4 hari, cepet ya buat DBD tapi ya begitulah.. Btw aku ada video 3 hari setelah keluar rumah sakit, disitu aku pake concealer tp kalian bisa liat ada bumps gitu. 

video

Itu jerawat tiba-tiba dateng setelah keluar dari RS.. Padahal 4 hari lagi aku harus pergi workshop gitu, kan males ya lagi pergi harus pake concealer sana sini, ga praktis gitu apa lagi acaraku seringnya pagi banget berangkatnya, belum dihotel sekamar bisa ber4 dan kamar mandinya cuma 1. Jadi yang aku lakukan adalah..... Pop them!!! Dan kalian tau pasti apa yang terjadi. Merahhhnyaaa. Aku langsung kompres pake es batu dibalut tisu, dan aku olesin ointment gitu. Dan dalam seminggu, bekas darah keringnya itu ngelupas dan bekasnya ga terlalu kelihatan. Aku shock, kaget, seneng. COBA TAU DARI DULU.

Dan ini adalah beberapa dari makeup aku, dan ointment yang aku bilang diatas itu yang tube merah, namanya Lucas Papaw Ointment. Recommended bgt, aku juga gunain buat lip balm dan dibawah mata juga.


NOW
And me. Right now. Have my confidence back. (Cuma pake kohl di alis sama lipstick)
(Atau kalo kalian mau liat lebih jelas bisa lihat video di youtube channel aku sebelum aku pake makeup)

CONCLUSION:
Kulit aku itu sensitif dan kulitnya tipis, jadi uratnya keliatan dimana-mana dan kesannya agak kemerahan dan kaya jerawat. Kalo kalian kulitnya mirip kaya aku atau engga, tips dari aku;
1. Exfoliate/masker 1-2 Minggu sekali. Jangan tiap hari, itu kesalahan terbesar aku.
2. Coba kenalin kulit kamu, kalo kulit kamu kerasa kenceng sakit gitu, kemungkinan kulit freakout karena sesuatu.
3. Pakai obat jerawat yang mengandung Clidamicyn, dan aku pakenya bisa 2 hari sekali sampai seminggu sekali (kalau aku ga cocok obat jerawat yang kandungannya Salicylic Acid).
4. Cobain Blue Light Theraphy.
5. Kalau lagi jerawatan, jangan pakai serum.
6. Be gentle to your skin.

Itu aja dari aku.. Fyuhhh panjang juga hahaha.
Semoga dengan aku sharing, aku bisa ngebantu kalian yaa.. Your happiness is my happiness, too. :)
Kalau mau sharing atau tanya lebih lanjut boleh comment atau personal juga gapapa.
Kalau kalian mau tau skincare routine aku, tungguin aja yah :)

Love, Ami.

18 comments:

  1. Wah udah kuliah toh? Aku kira masih SMA x) kak kapan-kapan share skin routinenya dong

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah kuliah bentar lagi selesai haha. okedeh ditunggu ya! makasih sudah mampir semoga membantu :D

      Delete
  2. Yep, be gentle sama kulit. Scrubbing tiap hari gak baik buat kulit. Jangan mau yang instan, mending bertahap aja. :D


    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget! Ngeri juga di scrub terus ujung2nya tambah parah:( makasih sudah mampir Vina :)

      Delete
  3. Sampai saat ini aku masih perjuangan nih sama jerawatan. tapi senengnya di km kasih tips di conclusion yaa. thank yoou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih bingung boleh msg aku di facebook :D sama2 semoga membantu yaah :)

      Delete
  4. haaaa ini pengalamannya sama ama akuuu ;__; mulainya bulan2 segitu (tiba2 jerawatan) dan kelarnya jg bulan2 segitu (gaining confidence back). Sebabnya itu aku masih ngira2 tapi aku emg curigain satu atau beberapa produk, atau jg ada mikir maybe lg tahap detoksifikasi (which was fine kl emg iya), Karena ga mau hilang2. biasanya kl jerawat breakout gt aku lgsg hilang soalnya. hhhh alhamdulillah bgt itu udah berlalu T__T kmrn2 aku kl galau bgt smp ga sadar deh nitikin air mata. pdhal bkn case jerawatan yg parah bgt dan spread sluruh muka jg.

    Dan yg aku alami, kulit ak yg tadinya termasuk kebal / hi-tolerance, jadi sensitif setelahnya. and bener banget, gak berani asal serum-serum an :')

    thanks for sharing ya ^_^ salam kenal

    Sherry, from
    sheemasherry.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kita mengalami hal yang sama dan belajar hal yang sama yaah. Sama2 Sherry salam kenal juga makasih sudah mampir :)

      Delete
  5. Thankyou for ypur sharing.. Aku lg fighting acne parah bgt skrg dan lagi desperate but somehow you "curhatan" helps me abit well cos i have alot more acne than yours, jauh jauh lebih parah but at least jd ga desperate parah lg.. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe semangat fightingnya! ngomong-ngomong aku baru post skincare routine aku boleh mampirrr hehe :)

      Delete
  6. Aku lebih parah jerawatnya huhu, tapi sudah membaik sih, sangat-sangat membaik gara-gara skincare yang akhir-akhir ini. Tapi aku gak berani pake clyndamicin karena itu isinya antibiotik, takut resisten kalau dipake tanpa sepengetahuan dokter.

    limlimzi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah nanti aku mampir deh buat referensi skincare akuu.. iya aku juga resisten gt sempet tapi dituker2 sama obat yg lain gitu biar ga resisten. di youtube channel aku ada penjelasannya kalo mau mampir yuk.. makasih udah mampir Limas :)

      Delete
  7. Hai salam kenal kak rahmi :) aku punya kulit yg setipe bgt sama kamu kak, huhu.. Boleh tau ga tempat blue light theraphy nya dimana? Dan budgetnya brp? hehe. Mohon replynya kak, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Susi... kering tapi berjerawat ya? aku facial di naava green. aku sih facial 155rb, itu udah termasuk blue lighting sama facial. semoga membantu yaa :)

      Delete
  8. Hai salam kenal kak rahmi :) aku punya kulit yg setipe bgt sama kamu kak, huhu.. Boleh tau ga tempat blue light theraphy nya dimana? Dan budgetnya brp? hehe. Mohon replynya kak, thanks :)

    ReplyDelete
  9. wahh mungkin itu efek dari make up ya, ngeri juga.. hiks

    ReplyDelete